Kembali lagi ke atas

24.10.11

Inhouse Training Pemahaman SNI ISO/IEC 17025:2008 di Dinas PU Papua


Provinsi Papua merupakan Provinsi paling timur Indonesia yang memiliki sumber daya alam melimpah dan potensi pembangunan dalam bidang pekerjaan umum khususnya yang besar. Berbagai sumber mineral yang belum dijamah seperti logam mulia dan batuan kapur banyak terkandung didalamnya, bahkan bukit-bukit yang ada di sekitar ibukota provinsi, Jayapura, ada yang mengandung emas dan pernah digali oleh masyarakat. Adanya akses menuju kota-kota kabupaten yang harus menggunakan pesawat mengingat belum adanya jalan darat penghubung antar kota tersebut menjadikan povinsi ini potensial menjadi daerah sasaran pembangunan Oleh karena itu, dalam rangka menghadapi persaingan dan era globalisasi, Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Provinsi Papua melalui UPTD Balai Pengujian dan Laboratoriumnya berupaya menjadikan laboratorium dalam unit tersebut memiliki hasil uji yang terpercaya baik secara nasional maupun internasional sehingga DPU mampu melakukan pembangunan gedung dan jalan yang berkualitas dan menjadikan laboratoriumnya sebagai laboratorium pertama di daerah Irian Barat yang terakreditasi oleh KAN (Komite Akreditasi Nasional), lebih unggul dan menjadi panutan dalam pengujian material konstruksi di Irian Barat, khususnya Provinsi Papua.
Langkah yang perlu ditempuh oleh suatu laboratorium pengujian untuk dapat diakreditasi adalah mempersiapkan personilnya memahami persyaratan umum kompetensi laboratorium pengujian dan laboratorium kalibrasi yang ada dalam SNI ISO/IEC 17025:2008, menerapkan sistem yang dipersyaratkannya dalam laboratorium dan mampu membuktikan kompetensi personilnya seperti yang dipersyaratkan. Untuk itu Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Papua menyelenggarakan pelatihan Pemahaman SNI ISO/IEC 17025:2008 bagi personil UPTD.
Pelatihan dibuka oleh Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum, Ramses Kambuaya, S.Pd, M.T. yang mewakili Kepala Dinas, dengan harapan agar peserta yang merupakan personil UPTD dapat mengikuti pelatihan dengan baik dan dapat menerapkan pemahaman yang didapat untuk kemajuan Laboratorium. Pelatihan dilaksanakan pada tanggal 23 – 24 April 2010.Pelatihan diikuti oleh 26 personil mulai dari Kepala UPTD yaitu Yan Ukago, S.T, M.T. yang berkomitmen mengikuti pelatihan sampai selesai dan menghimbau seluruh peserta untuk melakukan hal yang serupa, Mantan Kepala UPTD yaitu Bapak Syafrul Hidayat, S.T. yang diperbantukan membangun sistem UPTD, para pejabat eselon IV di lingkungan UPTD seperti Yakob Panus Jingga, S.Pd, M.T, Bambang Rubiyanto, S.E, dan Saul Ronsumbre, S.T. serta para staf, dengan instruktur Drs. Anang Chusno Trijanto, M.T.
Pelatihan bertujuan memberikan pemahaman kepada para peserta tentang SNI ISO/IEC 17025:2008 sebagai standar yang dipersyaratkan untuk dapat mengakreditasi laboratorium penguji. Pelatihan menginformasikan mengenai Standarisasi, Akreditasi, Sertifikasi dan keterkaitan ketiga hal tersebut sebagai salah satu bagian dalam sistem yang diperlukan pada proses akreditasi laboratorium serta menjelaskan mengenai klausul-klausul yang terdapat dalam SNI ISO/IEC 17025:2008. Hal ini diperlukan sebagai modal awal guna membangun suatu sistem manajemen laboratorium yang sesuai dengan SNI ISO/IEC 17025:2008

Komentar :

ada 0 komentar ke “Inhouse Training Pemahaman SNI ISO/IEC 17025:2008 di Dinas PU Papua”